Selasa, 09 Desember 2014

Prinsip Dasar Keamanan Jaringan

Prinsip dasar keamanan jaringan :

a. Confidentialty adalah istilah yang digunakan untuk mencegah pengungkapan informasi kepada pihak lain yang tidak memiliki hak akses.  Atau dengan kata lain confidentialty adalah suatu obyek yang terdapat di dalam sebuah jaringan apapun yang  tidak boleh diumbar sepenuhnya ke semua orang apalagi kepada pengguna yang tidak memiliki hak akses atau wewenang terhadap suatu obyek jaringan tersebut.

b. Integrity adalah keamanan jaringan yang memastikan data yang diterima suatu jaringan lain tidak mengalami perubahan saat proses pengiriman.


c. Availability adalah setiap pengguna atau subyek yang memiliki hak akses terhadap suatu obyek tertentu sesuai dengan wewenangnya dan harus diberikan kemudahan untuk mengakses hingga tidak terkendala apapun. Aspek ini berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.

d. Non-Repudiation adalah aspek yang digunakan untuk menjaga agar sesesorang tidak menyangkal telah melakukan transaksi.

e. Authentication adalah suatu proses untuk melakukan validasi terhadap pengguna atau informasi  yang diberikan. Hal ini ditujukan untuk menentukan apakah seorang pengguna atau informasi yang diberikan benar-benar asli.

f. Access Control adalah kemampuan yang digunakan untuk mengontrol akses pengguna terhadap informasi yang diakses (apakah pengguna tersebut diijinkan atau tidak).

g. Accountability adalah aspek yang berhubungan dengan aksi-aksi pengguna yang dicatat/direkam dalam suatu jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar